Penting! Inilah 4 Skill yang Harus Dimiliki Pelajar

soft skill yang harus dikuasai oleh pelajar

Halo Future Changemakers! Perubahan zaman menjadikan skill sebagai sebuah keharusan. Namun, bukan berarti nilai yang kita raih di bangku sekolah tidak penting. Justru, keduanya perlu berjalan berdampingan. Karena menjadi siswa di tingkat SMP dan SMA adalah masa yang optimal untuk mempersiapkan diri demi melanjutkan studi di tingkat yang lebih tinggi. 

Nah, salah satu persiapan yang harus ditekuni selain belajar adalah mengembangkan skill atau keterampilan. Nantinya, keterampilan tersebut akan membantumu menjadi mahasiswa yang berkualitas terlebih jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri. Lalu, apa saja sih skill tersebut? Yuk baca di bawah ini!

  1. Research

Pasti banyak yang berpikir bahwa research skill hanya digunakan ketika seseorang duduk di bangku kuliah. Namun, tahukah kamu bahwa research skill sangat penting lho untuk dikembangkan sejak dini bahkan saat kalian masih pelajar SMP dan SMA. Research skill atau keterampilan riset adalah kemampuan seseorang dalam menemukan masalah dan menjawab serta memberi solusi terhadap permasalahan tersebut.

Dalam kemampuan ini, kamu dapat menggali informasi terkait sebuah topik lalu mengolahnya dan kemudian menginterpretasikan hasilnya setelah melalui analisis yang cermat. Siswa dengan kemampuan riset biasanya memiliki ide yang cemerlang dan solusi yang inovatif.

Well, ada kabar baik nih bagi kamu yang ingin mempertajam kemampuan di bidang riset. Kamu bisa banget lho bergabung dengan Sekolah Internasional Menlo Park School karena disana kamu dapat melakukan riset mandiri yang dibimbing langsung oleh tenaga pengajar berpengalaman. Tentunya, kamu akan diarahkan mulai dari melakukan riset hingga mempublikasikan karya di jurnal terindeks, bahkan mendaftarkan paten atas karya yang kamu hasilkan. Wow, menarik banget gak sih?

  1. Problem Solving

Problem solving atau pemecahan masalah adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Dalam kegiatan belajar, problem solving memiliki peranan penting. Apabila seorang siswa mengetahui cara menyelesaikan masalahnya, pembelajaran akan merekat jauh lebih dalam dan tidak mudah untuk dilupakan.

Problem solving pun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, saat kamu memiliki banyak PR atau pekerjaan lainnya. Kamu dapat membuat list prioritas untuk mengetahui mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui akar masalah yang terjadi dalam kehidupanmu sehari-hari sehingga kamu dapat membuat daftar solusinya dengan baik.

Tak hanya itu, problem solving juga dapat diterapkan saat kamu mengikuti organisasi agar segala setiap masalah mulai dari yang ringan maupun yang kompleks dapat terselesaikan dengan baik serta bijak.

  1. Manajemen Waktu

Kamu suka keteteran mengerjakan PR? Kalau iya, maka kamu harus melatih keterampilan dalam manajemen waktumu. Pasalnya, manajemen waktu adalah sebuah keterampilan yang penting untuk dimiliki pelajar agar kamu dapat mengerjakan segala macam tugasmu secara on time. Manajemen waktu juga meningkatkan fokus dalam belajar sehingga cita-cita dan karir yang ingin kamu capai dapat terlihat dengan jelas.

Manajemen waktu bukan hanya untuk menyusun prioritas pekerjaan saja lho, future changemakers! Tapi juga untuk meluangkan dirimu menjalani hobimu, mengasah bakatmu ataupun mengerjakan sesuatu yang membuat kamu senang agar kamu terhindar dari rasa jenuh. Maka dari itu, sebelum duduk di bangku perkuliahan, kamu harus menguasai keterampilan manajemen waktu ini ya!

  1. Keterampilan Bahasa Asing

Dengan belajar bahasa asing, maka dunia akan berada di genggamanmu. Ya, pepatah tersebut perlu diamini karena di era globalisasi saat ini, menguasai bahasa asing menjadi salah satu hal yang penting. Tak hanya dalam berkomunikasi, namun juga dalam meningkatkan kualitas karir di bidang akademik dan sosial agar dapat bersaing di tingkat internasional. 

Salah satu manfaat dari memiliki keterampilan berbahasa asing bagi pelajar akan memudahkan kamu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke luar negeri. Bahkan, kesempatanmu untuk kuliah dengan beasiswa di dalam maupun di luar negeri akan terbuka lebih lebar.

Namun, memiliki keterampilan berbahasa asing saja tidak cukup untuk membuktikan dirimu kompeten di bidang tersebut. Kamu perlu mengambil sertifikasi bahasa asing seperti IELTS atau TOEFL untuk Bahasa Inggris atau JLPT untuk Bahasa Jepang, DELF untuk Bahasa Perancis, dan berbagai macam tes bahasa lainnya.

Kamu juga dapat mengasah kemampuan berbahasa Inggris dan Jepang bersama Menlo, lho! Karena di Menlo, kamu akan mengenyam pendidikan berkurikulum Cambridge dimana bahasa yang digunakan sebagai pengantar dalam pembelajaran adalah Bahasa Inggris. Kamu juga dapat mengambil elective course Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis yang diajarkan oleh guru berpengalaman di bidangnya.

Itulah 4 keterampilan penting yang wajib dimiliki oleh pelajar guna mendukung karir kamu di bidang akademik maupun non akademik. Hal tersebut penting bagi kamu yang ingin menjadi pelajar atau calon mahasiswa outstanding terlebih jika kamu ingin kuliah di luar negeri.

Nah, bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri apalagi dengan beasiswa, kamu bisa bergabung dengan Menlo Park School. Dimana kamu dapat mengasah kemampuanmu dalam riset dan berbahasa asing. So, what are you waiting for? Yuk jadi siswa Menlo sekarang!

1 Response

Leave a Reply