Pernah dengar NUS ASEAN Scholarship atau MOE ASEAN Scholarship?.

Jadi, keduanya merupakan program beasiswa yang diselenggarakan untuk memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk menempuh pendidikan di Singapore. Meskipun sama-sama program beasiswa, keduanya memiliki perbedaan yang terletak pada tingkatan studi penerimanya. NUS ASEAN Scholarship dianugerahkan oleh National University of Singapore kepada warga negara dari negara-negara ASEAN yang baru menyelesaikan studi di tingkat setara SMA dan akan melanjutkan studi ke jenjang S1, sedangkan MOE ASEAN Scholarship diberikan oleh Kementerian Pendidikan Singapore kepada murid-murid dari negara-negara ASEAN dan China yang telah menyelesaikan pendidikan setara tingkat SD hingga SMP dan akan melanjutkan studi ke tingkat SMP hingga SMA di Singapore.

National University of Singapore, Kent Ridge, Singapura

Fokus utama Menlo Park School adalah membantu mewujudkan mimpi setiap siswanya untuk memperoleh beasiswa studi ke luar negeri. Salah satu siswa Menlo Park School dengan mimpi tersebut adalah Michelle Aurelia, siswi asal Kota Bogor yang saat ini sedang berada di grade 9 atau setara dengan kelas 3 SMP. Michelle yang sudah hampir satu tahun menempuh pendidikan di Menlo Park School ini mengaku bahwa ketertarikannya untuk mendaftar di Menlo Park School adalah karena kurikulum di Menlo Park School yang tidak mengharuskan setiap siswanya untuk mempelajari setiap subjek mata pelajaran dan tidak memakan waktu dari pagi hingga sore hari, elective course yang menarik, dan guru-gurunya yang merupakan jebolan dari kampus-kampus top di seluruh dunia sehingga menurutnya siswa juga mendapatkan manfaat dari hasil sharing bersama para guru yang memiliki pengalaman menempuh studi di luar negeri

 

Selama bersekolah di Menlo Park School, Michelle juga pernah mengikuti dan menjuarai beberapa perlombaan seperti olimpiade matematika tingkat nasional maupun internasional, perlombaan dalam bidang science yang diselenggarakan oleh Schoters National Student Competition, serta perlombaan computational thinking yang diselenggarakan oleh Bebras Indonesia. Ada fakta menarik nih, ternyata keikutsertaan Michelle dalam beberapa perlombaan tersebut bukan tanpa alasan, ia mengaku bahwa subjek favoritnya selama bersekolah di Menlo Park School adalah bidang matematika dan pelajaran favoritnya saat elective course adalah pelajaran research.

Kini, angan-angan Michelle untuk meraih beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri sudah berhasil menjadi kenyataan. Hal itu sudah dibuktikan Michelle setelah ia sukses menjadi awardee atau penerima beasiswa MOE ASEAN Scholarship di Singapore.

Terus, apa sih sebenernya MOE ASEAN Scholarship itu? Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini ya!

MOE ASEAN Scholarship

Secara garis besar MOE (Ministry of Education) ASEAN Scholarship merupakan sebuah program beasiswa yang diberikan oleh Ministry of Education (Kementerian Pendidikan) di Singapore kepada siswa-siswa berprestasi dari negara-negara ASEAN dan China yang ingin melanjutkan studi setingkat SMA di Singapore. Bersama program beasiswa ini, para penerima beasiswa (awardee) akan mendapat kesempatan untuk memperkuat skill kepemimpinan, komunikasi, dan keterampilan lainnya.

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan MOE ASEAN Scholarship?

Program beasiswa ini bisa diraih oleh warga negara Asia Tenggara (termasuk Indonesia) dan China dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Mahir dalam bahasa inggris.
  2. Nilai akademik yang bagus dan konsisten dalam ujian sekolah.
  3. Memiliki catatan yang bagus dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Jenis Beasiswa

Jenis Beasiswa Tingkatan Dalam Sekolah Jangka Waktu Beasiswa
Secondary 1 (SMP kelas 1) Kelas 6 SD atau 1 SMP 6 Tahun
Secondary 3 (SMP kelas 3) Kelas 2 atau 3 SMP 4 Tahun

Manfaat yang Diperoleh

  1. Tunjangan tahunan dan asrama.
  2. Tunjangan akomodasi.
  3. Tiket pesawat untuk pulang dan pergi.
  4. Biaya sekolah.
  5. Biaya ujian untuk GCE O-Level dan A-Level (hanya sekali selama masa berlaku).
  6. Tunjangan kesehatan dan asuransi kecelakaan.

Nah, jadi sekarang kalian sudah tau kan apa itu Singapore MOE Scholarship? Lalu, bagaimana alur pendaftaran Michelle hingga diterima sebagai awardee? Disimak lagi ya!

  1. Pertama, pendaftaran dilakukan melalui website MOE Singapore disini.
  2. Selanjutnya pendaftar diminta untuk mengumpulkan dokumen-dokumen serta nilai rapor, laporan kegiatan ekstra kurikuler, dan prestasi yang pernah diraih.
  3. Jika lolos di tahap ke-2, maka pendaftar akan mendapat informasi untuk menjalankan tes akademik secara tertulis berupa pelajaran matematika dan bahasa inggris.
  4. Jika lolos di tahap ke-3, selanjutnya pendaftar akan melakukan tes wawancara.
  5. Apabila pendaftar telah lolos tahap wawancara, maka pendaftar akan mendapatkan e-mail bahwa pendaftar tersebut berhasil menjadi MOE Scholarship awardee.

Menurut Michelle, proses pendaftaran tersebut bisa membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dari langkah pertama hingga pengukuhan sebagai awardee, jadi para scholarship hunters harap bersabar ya. Michelle juga menambahkan bahwa selama proses aplikasi beasiswa hingga menjadi awardee, ia selalu dibimbing oleh pengajar-pengajar di Menlo Park School terutama dalam proses menjalankan tes akademik. Setelah menjadi awardee MOE Scholarship di Singapore, Michelle yang menerima beasiswa jenis Secondary 3 atau setara untuk siswa kelas 3 SMP akan menempuh pendidikan di Commonwealth Secondary School selama 2 tahun di tingkat secondary school (setara SMP di Indonesia). Sementara 2 tahun lagi akan dijalankannya di tingkat junior college (setara SMA di Indonesia) setelah lulus dari Commonwealth Secondary School.

Jadi untuk para scholarship hunters yang terinspirasi dari pengalaman Michelle selama sekolah di Menlo Park School dan mau nyusul ke luar negeri bisa cek website Menlo Park School disini untuk kenalan lebih jauh dengan Menlo Park School, ciao!

2 Responses
    1. Penulis

      She received the scholarship last December. We are open to discussion about our school program if you’re interested in registering yourself / your children for Junior High School and Senior High School. Thank you.

Leave a Reply