cara mempersiapkan kuliah luar negeri

Setelah selesai sekolah mau lanjut kuliah dimana? Mungkin beberapa siswa akan menjawab ingin kuliah di luar negeri. Sebenarnya jawabannya ini tidak asal keluar begitu saja dan bukan pula sekedar untuk ajang keren-kerenan atau pamer semata. Kuliah luar negeri memang menjadi cita-cita banyak orang karena berbagai alasan dan manfaat yang diberikannya. Apa saja manfaat kuliah luar negeri? Berikut ulasan selengkapnya!

Manfaat Belajar di Luar Negeri

  1. Mendapatkan kesempatan untuk merasakan pendidikan berkualitas 

Mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik adalah salah satu alasan mengapa kamu harus studi di luar negeri. Pasalnya, banyak universitas di AS, Inggris, Australia, Singapura dan Jepang yang masuk ke dalam jajaran kampus terbaik dunia. Universitas-universitas tersebut Tentu menawarkan pendidikan dengan kualitas yang jauh lebih baik dari Indonesia. 

  1. Memberikan wawasan yang baru

Kuliah luar negeri akan memberikanmu sebuah kesempatan yang unik untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan penduduk dunia dalam skala kecil. Kamu akan menemui berbagai macam budaya yang jauh berbeda dengan budaya yang selama ini kamu jalani di Indonesia. Perbedaan ini membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang lebih menghargai perbedaan dan memiliki perspektif baru terhadap budaya itu sendiri. Kamu pun bisa mempelajari cara pandang orang-orang di luar sana. Hal ini akan membuat kamu lebih open-minded dan tentunya mempunyai global mindset

  1. Membuka jaringan internasional 

Dengan berkuliah di luar negeri, kesempatanmu untuk berkarir di dunia internasional menjadi lebih tinggi. Sebab, selama masa kuliah kamu telah terhubung ke banyak mahasiswa internasional lainnya. Tentu saja, kamu bisa mengetahui berbagai berita terkait peluang karir di negara asal mereka.

  1. Menambah kemampuan bahasa asing

Jika negara tujuan studimu bukan negara yang memiliki bahasa inggris sebagai bahasa sehari-harinya, maka kamu sangat beruntung. Kenapa? Karena kamu bisa menambah wawasan dan keterampilan bahasa asing yang lainnya. Interaksi yang lebih intens dengan masyarakat setempat akan membuatmu memahami bahasa mereka dengan lebih mudah. Tapi, jika kamu berkuliah di Inggris atau AS, bukan tidak mungkin Bahasa Inggrismu akan menjadi lebih fasih.

Lalu, apa perbedaan dengan perkuliahan di dalam negeri?

Perbedaan perkuliahan luar dan dalam negeri berikut ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan kondisimu.

  1. Kualitas pendidikan dan kurikulum

Perbedaan pertama kuliah luar negeri dengan di Indonesia adalah tentang kualitas pendidikan dan kurikulum yang digunakan. Banyak universitas di luar negeri yang memiliki kualitas pendidikan yang jauh lebih baik. Contohnya adalah tenaga pendidikan yang berpengalaman dan infrastruktur pendidikan lengkap. Kamu akan mendapati akses jurnal yang mudah, perpustakaan dengan koleksi super-lengkap, hingga environment belajar yang memacu kamu untuk terus maju.

Selain itu dari segi kurikulum, di luar negeri tentunya kamu akan mengikuti program kuliah di kelas internasional. Sehingga, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum internasional.

  1. Orang-orang yang ditemui

Ini adalah perbedaan yang sangat terlihat kalau kamu studi di luar negeri. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berasal dari kawasan berbeda dan dengan bahasa serta budaya yang jauh berbeda denganmu. Kalau di Indonesia, kamu akan bertemu dengan teman-teman orang Indonesia yang budayanya hampir serupa.

  1. Kesempatan kerja

Perbedaan selanjutnya antara perkuliahan luar negeri dengan di Indonesia adalah kesempatan atau peluang kerja yang lebih luas hingga ke mancanegara.

Baca Juga: Langkah Awal menjadi Changemaker dengan Kurikulum IGCSE

Bagaimana cara untuk dapat studi ke luar negeri?

Seiring berjalannya waktu, peluang studi di luar negeri untuk anak Indonesia sudah semakin besar. Beasiswa yang tersedia pun semakin banyak. Baik itu dari pemerintah Indonesia, pemerintah negara tujuan atau kampus di negara tujuan. Jenis beasiswa nya pun sangat bervariasi, mulai dari yang menyediakan living cost, hingga yang menyediakan beasiswa full yang meliputi uang kuliah, biaya akomodasi dan uang saku. 

Untuk mendapatkan program ini, kamu harus rajin-rajin mengamati portal beasiswa yang tersedia di kampus tujuan atau website penyedia beasiswa tersebut. Bayar kuliah sendiri juga bisa lho! Asal kamu masuk ke dalam kriteria calon mahasiswa di kampus tujuanmu tersebut. 

Oh iya, sekarang juga ada lho sekolah yang dapat menyiapkan kamu untuk dapat berkuliah di luar negeri!.

Di sekolah ini setiap anak juga akan diarahkan untuk excel di bidang akademik dan non-akademik serta memiliki outstanding portofolio. 

Keren banget kan? Untuk mengetahui info lebih lanjut, yuk kunjungi website www.menloparkschool.com karena PPDB bulan Januari masih dibuka!

2 Responses

Leave a Reply