Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Alasannya

5 alasan kuliah di luar negeri

Bagi sebagian pelajar, kuliah di luar negeri atau study abroad menjadi salah satu impian yang harus dicapai. Selain memiliki prestise tersendiri, kuliah di luar negeri juga membuka gerbang karir yang semakin luas. Berdasarkan Data yang dikutip dari UNESCO Institute of Statistics, setidaknya ada 53.604 pelajar dari Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri dengan Australia sebagai negara tujuan favorit pelajar Indonesia.

Menurut survey yang dilakukan oleh HSBC grup, ditemukan bahwa generasi saat ini memiliki ambisi yang sangat kuat untuk menembus batas-batas negara. Mereka juga sangat tertantang untuk kuliah di luar negeri demi mendapatkan pendidikan terbaik dimanapun. Jalan untuk studi di mancanegara pun juga semakin terbuka lebar dengan tersedianya beasiswa yang semakin beragam.

Changemakers! Kuliah di luar negeri bukan hanya perihal belajar sambil jalan-jalan saja, lho! Tentu saja ada alasan mengapa kamu harus melanjutkan studi di luar negeri dan betapa pentingnya study abroad. Johan Asplund, sosiologis dari Swedia mengatakan, “when you study abroad every step is a learning experience”. Untuk itu, yuk simak 5 alasan penting mengapa kamu harus kuliah di luar negeri!

1. Kuliah Bidang Studi yang Lebih Spesifik di Luar Negeri

Tak dapat dipungkiri bahwa tujuan akhir dari belajar di perguruan tinggi adalah meraih karir yang diidam-idamkan entah itu karir di bidang akademik maupun industri. Perkembangan dalam dunia keilmuan dan industri membuat kebutuhan tenaga ahli di bidang yang spesifik semakin tinggi. Karenanya, demi memenuhi kebutuhan di bidang-bidang tersebut, makin banyak perguruan tinggi di luar negeri yang menawarkan program studi sesuai dengan tuntutan akademik dan industri tersebut.

Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia hanya menawarkan program studi yang masih umum dan belum mendalami sub bidang tertentu. Sebagai contoh, jurusan linguistik memang tersedia di dalam negeri namun belum ada kampus di Indonesia yang menawarkan program seperti computational linguistics atau linguistik komputasi.

2. Menjadi Lebih Mandiri dengan Kuliah di Luar Negeri

Hidup di negara asing dan jauh dari keluarga, kerabat, dan teman di tanah air menjadi tantangan sendiri bagi mahasiswa internasional. Namun, hal ini dapat melatih kamu untuk menjadi lebih dewasa dan mandiri, lho! Setibanya kamu di negara tujuan, kamu akan memulai semuanya dari nol dan saat itulah kamu dituntut untuk mengandalkan dirimu sendiri.

Saat hidup merantau, kamu harus mengurus keuanganmu sendiri, sebisa mungkin kamu harus berhemat agar kebutuhan primer serta perlengkapan penunjang belajarmu dapat terpenuhi. Selain itu, kamu juga harus menghargai waktu karena aktivitasmu bukan hanya di kelas saja. Untuk menjalin koneksi, kamu juga perlu bergabung dengan organisasi yang ada di kampusmu. Kamu pun juga harus menyayangi dirimu dengan menyisakan waktu untuk istirahat dan self healing. Hal ini dilakukan agar kamu dapat memberikan performa terbaik saat belajar di kampus.

3. Mengenal Budaya Baru

Tiap negara memiliki budayanya sendiri dalam aktivitas sehari-hari. Saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu tentunya dituntut untuk mengenal budaya negara tujuan yang tentunya akan sangat berbeda dengan negara kita. Mempelajari budaya baru akan membantu kamu untuk lebih akrab dengan penduduk setempat dan memudahkan kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Belajar budaya baru juga akan meningkatkan keterampilan kita dalam bersosialisasi.

Tak hanya itu, dengan mengenal budaya baru, kamu dapat membangun kesadaranmu terhadap isu-isu yang sedang terjadi di dunia. Pemikiranmu pun terhadap budaya lain akan jauh lebih terbuka. Hal tak hanya menambah wawasan kamu dalam bermasyarakat tetapi juga dapat melestarikan dan membangun budaya baik yang tanah airmu miliki. Memang, mengenal budaya baru itu penting, tetapi kamu juga harus membentengi dirimu dengan budaya baik yang kamu anut sejak kecil dari tanah airmu agar tidak terpengaruh dengan budaya baru yang buruk.

4. Mempunyai Komunitas Global

Salah satu keuntungan dari kuliah di luar negeri adalah kamu dapat terhubung dengan mahasiswa dari seluruh dunia. Dengan hal ini kamu dapat membangun hubungan yang luas. Selain itu, changemakers juga dapat menjadi bagian dari komunitas akademis yang beragam secara internasional juga dapat meningkatkan kualitas belajarmu.

Kamu juga tak perlu khawatir merasa terasingkan sebagai mahasiswa asing. Pihak international affairs di tiap kampus biasanya akan mengadakan acara khusus untuk mahasiswa asing agar menjalin pertemanan dan relasi baru yang memungkinkan kamu memiliki akses global baik di bidang akademik atau non-akademik.

5. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Dengan belajar di luar negeri, tentu saja kamu akan berkenalan dengan bahasa baru. Pada awalnya, mungkin kamu akan merasa kaku saat berkomunikasi dengan orang asing namun seperti kata pepatah, “bisa ala biasa”, kamu akan lancar berbicara dengan bahasa asing seiring berjalannya waktu.

Menguasai bahasa asing juga akan menjadi bekal yang baik untuk karier kamu di masa mendatang nanti. Kemahiran berbahasa asing adalah salah satu aspek yang dicari para pemberi kerja. 

Setelah melihat kelima alasan tersebut, apakah changemakers semakin tertarik untuk study abroad? Kalau kamu sudah yakin ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu perlu mempersiapkan dirimu dari sekarang! Kuliah ke luar negeri memerlukan berbagai persiapan mulai dari mengikuti tes A-Level, tes kemampuan berbahasa asing seperti IELTS ataupun TOEFL, dan persiapan admisi kuliah di luar negeri lainnya.
Changemakers! Kamu semua tak perlu khawatir akan berbagai persiapan studi ke luar negeri, lho! karena ada Menlo Park School, sekolah internasional dengan fokus studi untuk menembus perguruan tinggi top dunia. Bersama Menlo, kamu dapat meraih overall band 7++ pada IELTS, nilai A-star pada kurikulum A-Level, portofolio yang kuat, serta persiapan tes beasiswa! Menarik bukan? Yuk sampaikan ke ayah dan bundamu untuk daftar sekarang!

Konsultasi pendaftaran SMP SMA Internasional
1 Response

Leave a Reply