Anak Kuliah di Luar Negeri: Apa Peran Orang Tua?

anak kuliah di luar negeri

Anak ingin kuliah di luar negeri, apa yang harus orang tua lakukan? Ketika anak ingin bersekolah di luar negeri, maka orang tua harus paham persiapan dan perjalanan yang akan anak lalui tentu tidak akan mudah. Akan ada banyak persyaratan serta dokumen yang harus disiapkan sebelum mendaftar ke universitas luar negeri. Sebagai orang tua yang baik, kita harus senantiasa mendukung dan mendampingi sang anak untuk menuju kampus impiannya tersebut.

Nah, apa saja ya bentuk dukungan dan bantuan yang dapat ayah bunda berikan kepada anak untuk kuliah di luar negeri? Yuk kita simak bersama-sama di bawah ini!

1. Mendiskusikan Tujuan dan Rencana Pendidikan Bersama Anak

Sebelum anak berkuliah di luar negeri, pastikan ayah dan bunda sudah mendiskusikan terlebih dahulu dengan sang buah hati mengenai tujuan serta rencananya saat berkuliah dan setelah ia lulus nanti. Ayah dan bunda dapat mendampingi anak dalam memilih jurusan, universitas, dan negara tujuan tempat ia berkuliah. Pastikan juga bahwa anak sudah yakin mengenai pilihannya, dan beritahu ia mengenai tantangan yang akan ia hadapi nanti. Namun, jangan lupa yakinkan anak bahwa ayah dan bunda, sebagai orang tua nya akan selalu mendukungnya saat ia berkuliah.

2. Mencari Bimbingan atau Jasa Konsultasi Study Abroad untuk Anak

Agar rencana serta persiapan anak lebih matang saat study abroad, orang tua dapat mencarikan bimbingan atau jasa konsultasi pendidikan yang berpengalaman. Tentunya hal ini membantu kebutuhan anak mulai dari menentukan institusi yang tepat, membantu proses pendaftaran, sampai dengan membimbing ketika tes universitas. Dengan bantuan pembimbing dan konsultan, proses untuk apply universitas akan terasa lebih mudah.

3. Menyiapkan Biaya Anak Kuliah di Luar Negeri

Tidak dapat dipungkiri, bahwa ketika menyiapkan anak kuliah di luar negeri akan ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua. Biaya-biaya itu mencakup antara lain biaya pendaftaran universitas, tes kemampuan bahasa, jasa translator tersumpah, paspor, visa, dan lainnya. Begitupun ketika anak sudah menginjakkan kakinya di luar negeri, orang tua harus menyiapkan tuition fee, living cost, asuransi kesehatan, serta biaya lainnya.  

Nah oleh karena itu, orang tua harus melakukan budgeting serta menyiapkan biaya-biaya yang dibutukan untuk study abroad tersebut. Jika ayah dan bunda merasa keberatan, jangan khawatir karena banyak beasiswa yang tersedia. Bersama buah hati, orang tua dapat mencari informasi mengenai beasiswa-beasiswa tersebut. Serta menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar di beasiswa tersebut.

4. Memberikan Dukungan Emosional kepada Anak

Bisa dibilang,persiapan dan proses yang harus dilalui anak untuk kuliah di luar negeri cukuplah panjang. Maka dari itu, sebagai orang tua penting sekali bagi kita untuk juga menyediakan emotional support atau dukungan emosional untuk anak. Berikan motivasi kepada sang buah hati untuk menjalani setiap prosesnya. Ajaklah ia untuk jalan-jalan dan menghirup udara segara jika anak sudah terasa jenuh dan lelah dengan segala persiapan yang ia lalui. Berikan anak waktu, dan jangan terlalu menekan anak karena hal itu akan membuatnya stress. 

5. Memastikan Kesehatan Anak Serta Keamanannya Dalam Perjalanan

Saat waktu anak untuk berangkat ke universitas impiannya sudah tiba, jangan lupa untuk melakukan medical check up anak untuk memastikan ia berada dalam kondisi prima saat berangkat. Pastikan juga keamanan segala transportasi yang akan ia gunakan mulai dari berangkat hingga ia sampai di negara tujuan. Akan lebih baik apabila ayah dan bunda turut menemani keberangkatannya ke negara tujuan agar anak lebih aman dan tenang. 

Ayah bunda, itulah 5 hal yang dapat dilakukan orang tua dalam mendampingi anak kuliah di luar negeri. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat ya bagi ayah dan bunda! 

Nah, jika ayah bunda ingin menyiapkan sang buah hati untuk study abroad sedari ia bersekolah, mungkin Menlo Park School akan menjadi pilihan yang tepat bagi ayah dan bunda. Menlo Park School merupakan sekolah online bertaraf internasional yang berfokus untuk menyiapkan peserta didiknya untuk diterima di kampus top dunia.

Dengan bersekolah di Menlo Park School, anak akan dibimbing oleh guru-guru berpengalaman dalam menyiapkan segala kebutuhan study abroad. Hal ini meliputi A Level, IELTS, portofolio, hingga hal pendukung lainnya. Motivation letter, CV, serta tes beasiswa bergengsi seperti MEXT, Mitsui Bussan, dan lainnya.  Dengan begitu, persiapan study abroad anak akan terasa lebih mudah. Ayah bunda juga tidak perlu mengeluarkan kocek tambahan untuk jasa konsultasi pendidikan luar negeri karena semuanya sudah disediakan oleh Menlo.

Asyik bukan? Yuk segera daftarkan buah hati ke Menlo Park School sekarang juga!

kuliah di luar negeri bersama menlo park school

Leave a Reply