4 Soft Skills Penting Untuk Masa Depan Anak

Halo Future Changemakers! Mungkin banyak dari kamu yang masih bingung menghadapi masa depan di tengah derasnya era globalisasi ini. Ditambah, persaingan di dunia akademik dan non akademik yang semakin ketat. Nah, untuk menghadapi persoalan di masa depan, kamu perlu banyak persiapan lho terkait soft skills yang semestinya kamu asah baik di sekolah maupun luar sekolah.

Namun, kamu gak perlu terlalu khawatir. Karena, artikel ini untukmu demi membahas 4 soft skills yang perlu kamu asah sebaik mungkin untuk menghadapi tantangan di masa depan. Yuk, check this out!

1. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan diri untuk menciptakan suatu yang baru atau membuat kombinasi dari hal-hal yang telah ada sebelumnya. Hal ini berarti berani untuk mengambil resiko atas unsur-unsur yang belum pernah dilakukan dan berani mengambil resiko serta konsekuensi yang cermat. Berpikir kreatif juga berarti melihat masalah dari berbagai perspektif baru dengan sudut pandang yang berbeda.

Lalu, bagaimana sih cara untuk mengasah kreativitas? Dalam hal ini, kamu harus memelihara rasa ingin tahumu. Caranya, kamu dapat bertanya kepada siapapun atau yang ahli pada suatu bidang seperti ke gurumu tentang apa yang membuat kamu penasaran akan jawabannya. Kamu juga dapat mengasah rasa ingin tahumu dan bahkan jiwa kritis kamu dengan membaca buku, mendengarkan musik, ataupun podcast.

Oh ya, kamu juga dapat mengasah kemampuan tersebut dengan mengambil kurikulum A level di Menlo Park School lho! Karena kurikulum A level mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mendorong kamu untuk menghadapi pemecahan masalah, berpikir kritis, riset mandiri, dan menyampaikan pendapat.

2. Problem Solving

Problem solving merupakan kemampuan untuk menemukan masalah dan mencari tahu serta menemukan solusinya. Skill ini berkaitan dengan kemampuan mendengar, menganalisa, meneliti, kreativitas, komunikasi, kerja tim, dan pengambilan keputusan. Problem solving juga memungkinkan kamu untuk mengubah masalah menjadi peluang terciptanya ide baru.

Untuk memudahkanmu menyelesaikan masalah, kamu dapat mengikuti langkah berikut;

1. Cari tahu dan pahami masalah

2. Menentukan akar masalah dengan mengetahui mengapa masalah itu terjadi

3. Mencari solusi

4. Menerapkan solusi dan membuat evaluasi terhadap masalah yang terjadi dan solusi yang diimplementasikan.

Keterampilan ini juga sangat mungkin kalian dapatkan melalui kurikulum A level. Dengan mengenyam kurikulum A level, kamu dapat mempelajari kemampuan dalam suatu pelajaran secara mendalam dengan sebagai dasar pengembangan kemampuan memecahkan masalah.

3. Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi adalah kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Semua orang pasti akan mengalami perubahan dan merasakan dinamika kehidupan. Oleh karena itu, memiliki kemampuan beradaptasi yang baik akan mendukung segala macam pekerjaan menjadi lebih baik.

Adapun cara meningkatkan kemampuan adaptasi tentunya dengan mau menerima perubahan yang terjadi dalam hidup. Baik itu perubahan yang positif ataupun perubahan negatif. Selain itu, kamu juga harus mampu terbuka pada ide baru, namun bukan berarti menerima semua ide tersebut. Jika ide baru yang datang kepadamu bertolak belakang dengan keinginanmu, cobalah mencari solusi agar kamu dapat menawarkan ide yang dapat kamu kerjakan nantinya. 

Untuk dapat beradaptasi dengan baik, kamu juga perlu keluar dari zona nyaman. Karena, berada dalam zona nyaman terus-menerus akan membuat pikiranmu kaku dan tertinggal. Jika kamu berhasil keluar dari zona nyaman, kamu pun dapat menemukan mindset baru yang terus berkembang sehingga kamu dapat mengajak dirimu untuk terus belajar.

Salah satu cara beradaptasi di bidang akademik juga diterapkan dalam kurikulum Cambridge A level, lho! Yakni dengan mengembangkan pemahaman konseptual sebagai kunci membuka cara berpikir baru atas suatu subjek. 

4. Decision Making

Menurut Margaret Matlin, profesor dalam bidang psikologi kognitif, ia menyatakan bahwa decision making adalah kemampuan untuk menilai dan memilih di antara beberapa alternatif. Dalam kata lain, decision making adalah serangkaian langkah untuk memilih pilihan terbaik.

Decision making dapat mencegah kita dari penyesalan dan kerugian serta lebih efisien dalam bekerja. Dilansir dari The Balance Careers, untuk mendapatkan sebuah keputusan yang paling tepat, setidaknya ada enam cara yang perlu ditempuh.

Pertama, kamu perlu mendefinisikan atau memahami tentang masalah, tantangan, dan peluang. Kedua, kamu juga harus menghasilkan serangkaian kemungkinan atas solusi atau tanggapan, dalam kata lain, kamu dapat mengumpulkan keputusan yang paling memungkinkan. Ketiga, evaluasi biaya dan manfaat, atau pro dan kontra, yang terkait dengan setiap opsi. Keempat, pilihlah salah satu keputusan terbaik. Kelima, menerapkan opsi yang dipilih. Terakhir, menilai dampak dari keputusan yang diambil dan memodifikasi tindakan yang diperlukan.

Nah, Future Changemakers, itulah empat soft skill yang perlu diasah dengan baik untuk menjawab tantangan di masa depan. Adapun salah satu cara untuk mengasah keempat kemampuan tersebut adalah dengan mengenyam pendidikan berkurikulum internasional A level seperti yang telah diterapkan oleh Menlo Park School.

So, jika kamu tertarik untuk menjadi pelajar dengan soft skill yang kece, kamu bisa banget berkonsultasi dengan konsultan akademik Menlo Park School. Klik banner di bawah ini untuk jadwalkan sesi konsultasi gratis! 

Konsultasi pendaftaran SMP SMA Internasional
1 Response
  1. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I’m gonna watch out for brussels. I’ll be grateful if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers!

Leave a Reply